Senin, 18 Juli 2016

Liburan Lebaran

Rabu, 6 Juli 2016 umat muslim menjalankan shalat idul fitri atau disebut dengan shalat ied. Libur sekolah dimulai pada saat awal bulan puasa. Akhir akhir bulan puasa saya dan teman teman saya nonton bioskop di cipinang indah mall. 4 hari sebelum lebaran, saya dan keluarga saya mulai berangkat ke kampung halaman, di Yogyakarta. Perjalanan yang ditempuh menghabiskan waktu yang lama, yaitu selama 36 jam. Perjalanan mudik sangat macet, sampai ada disaat mobil tidak bergerak sama seklai selama 1 jam. Ayah saya dan kakak saya bergantian menyupir mobilnya. Perjalanan yang membutuhkan waktu yang sangat panjang, membuat saya dan keluarga saya harus sarapan, makan siang, dan makan malam di mobil. Karena takut jika makan di tempat akan lebih memakan waktu.
            Saat sampai di Wonosobo, kita berhenti di salah satu rumah makan yang menghadap kearah hutan. Suasananya yang masih sejuk, dan belum banyak polusi membuat para pengujung restoran menikmati suasana alam disitu.
            Saat sudah sampai rumah di Jogja, kita merapihkan dan membereskan rumah karena pembantu yang bekerja disitu juga sedang libur lebaran. kita merapihkan rumah karena nanti, setelah shalat ied, akan ada acara keluarga yang dilaksanakan di rumah keluarga saya. Selain makanan dari cathering, saya dan kakak saya mencari ide untuk membuat makanan sendiri, akhirnya kami mendapatkan ide untuk membuat pudding ice cream. Keesokan harinya, saya dan kakak saya pergi ke toko kue untuk mencari bahan bahan yang dibutuhkan untuk membuat pudding ice cream. Sedangkan, mamah dan ayah saya mencari tempat yang digunakan untuk meletakkan makanan cathering. Setelah semuanya sudah siap, kita membereskan rumah untuk persiapan acara keluarga keesokan harinya.
            Hari h lebaran, kami bersiap siap shalat ied di mandalakrida. Setelah shalat ied kita langsung pulang kerumah dan menunggu makanan cathering. Saat semuanya sudah siap, dan saudara saudara sudah datang, acarapun dimulai. Dan karena kakak ayah saya meminta agar yang bertugas menjadi mc adalah generasi selanjutnya, jadi kakak saya, dan anak dari kakak ayah saya menjadi mc. Di akhir acara, dilakukan acara sungkeman dan foto foto.
            Hari kedua setelah lebaran, acara keluarga diadakan di Salatiga. Kali ini adalah acara keluarga dari mamah saya. Acaranya ada game, lalu bersalam salaman dalam rangka bersilaturahmi, dan makan makan. Lalu setelah acaranya selesai, kami main ke rumah saudara yang ada di Jogja. Saat sampai disana, ternyata orang orangnya sedang berenang di salah satu hotel di dekat tugu Jogja. Saat sampai di hotel tersebut, kami sholat ashar dan naik menuju lantai 3. Ternyata saudara saya yang masih kira kira berusia 5 atau 6 tahun sedang berenang, da nada saudara yang seumuran dengan saya sedang menunggu di pinggir kolam renang. Disana juga ada tante yang menunggu anaknya berenang. Saat sudah mengobrol dan saling bersilaturahmi, keluarga saya dan saudara saya, Sausan pergi jalan jalan ke Kaliurang. Di perjalanan menuju Kaliurang cukup padat, karena banyak orang juga yang ingin mengunjungi tempat pariwisata tersebut. Saat sampai disana, kami membeli sate kelinci. Kami berfoto foto disana karena pemandangan disana yang bagus. Saat ingin pulang, kami membeli makanan khas dari sana.
            Beberapa hari setelahnya, kami pulang menuju Jakarta pada hari Sabtu. Perjalanan pulang tidak terlalu macet, dan hanya membutuhkan waktu sekitar 18 jam.