Senin, 17 Oktober 2016



PTS SMP LABSCHOOL 2016

            Senin, 3 Oktober 2016, SMP Labschool Jakarta mengadakan Penilaian Tengah Semester / PTS pada hari pertama. Kegiatan tersebut berlangsung selama 5 hari, mulai dari hari Senin sampai hari Jumat. Murid murid biasanya dating pada pukul 06.20. Sebelum mengerjakan soal soal PTS biasanya kami belajar dan membahas kembali pelajaran yang akan diujikan. Biasanya, ruangan yang akan dijaikan tempat berlangsungnya PTS akan di segel setiap pagi, jam istirahat, dan pulang sekolah. Segel pada pintu akan dibuka kembali setiap ujian akan dimulai. Sebelum mengerjakan Penilaian Tengah Semester, murid murid 3 angkatan berkumpul di hallma untuk berdoa bersama. Yang memimpin doa pada pagi hari biasanya rohis osis. Peserta ujian wajib memakai seragam lengkap, dan membawa kartu ujian masing masing. Bagi yang tidak ataupun lupa dengan peraturannya, maka dia harus ke ruang panitia, di lab biologi lantai 3, untuk meminta surat keterangan izin masuk ruangan.

Hari pertama, mata pelajaran PTS adalah Bahasa Indonesia dan Pendidikan Agama & Budi Pekerti. Murid murid masuk ke dalam kelas ujian pada pukul 07.30. Materi pelajaran Bahasa Indonesia yang diajarkan oleh Bu Lita adalah tentang teks berita dan fable. Sedangkan materi yang diajarkan oleh Pak Gilang yang masuk ke dalam materi PTS adalah tentang puisi. Walaupun materi Bu Lita lebih banyak, tetapi menurut saya materi yang lebih harus saya pelajari adalah materi Pak Gilang, tentang puisi, karena pelajaran tentang puisi lebih jarang dibahas dan dipelajari. Mata pelajaran Bahasa Indonesia selesai pada pukul 09. 30, tetapi murid murid boleh keluar ruangan di bel pertama pada pukul 09.15. Pelajaran kedua, Pendidikan Agama dimulai pada pukul 10.00. Materi Agama Islam adalah bab 1 tentang rendah hati, hemat & sederhana. Bab 2 tentang makanan halal dan haram. Yang terakhir, bab 3 tentang larangan bertengkar, berjudi, dan meminum minuman keras.

Hari kedua, 4 Oktober 2016. Mata pelajaran yang diujikan adalah Matematika dan Prakarya. Materi matematika yang diajarkan Pak Yuro adalah tentang aljabar, sedangkan yang diajarkan Pak Amir adalah tentang Phytagoras. Kedua materi tersebut sama sama susah dan harus saya pelajari lagi. Selain mengerjakan soal dari buku platinum, saya banyak mengerjakan buku soal soal buatan Pak Karman, untuk mengerjakan tipe tipe soal yang lebih bervariasi. Mata pelajaran kedua adalah prakarya. Materi prakarya adalah tentang limbah organik, anorganik. Prakarya saya hanya membaca dari rangkuman yang diberikan oleh Bu Titin  karena itu sudah cukup lengkap.

Hari ketiga, 5 Oktober 2016, mata pelajaran yang diujikan adalah Bahasa Inggris dan Pkn. Materi Bahasa Inggris yang diajarkan oleh Pak Amidi adalah module 1-3. Materi yang saya pelajari adalah tentang present simple, present continuous, dan present perfect. Materinya tidak terlalu sulit, walaupun terkadang saya tidak mendengarkan penjelasan Pak Amidi. Selain soal soal dari student dan work book, saya belajar juga dari soal UTS tahun kemarin, dan dari language book. Materi PKn adalah bab 1 dan 2, tentang demokrasi pancasila dan BPUPKI PPKI. Pelajaran PKn adalah pelajaran yang tidak terlalu saya suka karena pelajarannya yang sulit dan banyak hafalannya.

Hari keempat, 6 Oktober 2016, mata pelajarannya adalah IPA dan Seni Budaya. Materi IPA adalah bab 1 dan 2, tentang alat gerak vertebrata avertebrata, gerak tumbuhan, dan rangka manusia. Pelajarannya tidak terlalu sulit, tapi materinya banyak, sama seperti PKn. Pelajaran kedua, Seni Rupa bab 1 dan 2, sedangkan Seni Musik adalah bab 5 dan 6. Pada waktu itu, saya tidak sempat belajar banyak tentang Seni Budaya karena waktunya habis untuk belajar IPA.

Hari terakhir, 7 Oktober 2016, mata pelajarannya adalah olahraga / PJOK, dan IPS. Materi olahraga banyak tetapi, sudah dirangkum oleh Pak Yusuf, jadi lebih sebentar mempelajarinya. Yang kedua IPS tentang iklim dan 5 negara ASEAN. Tentang iklim saya membaca dari catatan yang diberikan oleh Pak Kasdi dan catatan teman saya dari kelas 8a.Tentang ASEAN, saya belajar dari slide milik Bu Iin yang saya minta dari teman kelas 8a saya. Karena catatan yang diberikan Pak Kasdi tidak terlalu lengkap.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar